Monday, May 7, 2012

PANDUAN PENULISAN LAPORAN PROPOSAL SEMINAR JUDUL DAN PENULISAN SKRIPSI


Pada Universitas Al-Asyariah Mandar Fakultas Ilmu Komputer
Kabupaten Polewali Mandar
Provinsi Sulawesi Barat
2011

Pedoman Umum Penulisan

A. Kertas

  • Ukuran kertas untuk penulisan proposal dan skripsi/tugas akhir menggunakan kertas A4 minimal 70 gram   (21.5x28.5) gram dengan menggunakan tulisan warna hitam
  • Tabel dan gambar (jika ada) sedapat mungkin dapat disajikan pada jenis dan ukuran kertas yang sama

B. Penyajian Naskah
  • Halaman Judul
  1. Judul diketik dengan huruf kapital (huruf besar) semua pada halaman baru pada jarak 3 cm dari tepi atas dan dengan jarak yang seimbang dari tepi kiri dan kanan, dan disusun dalam bentuk piramid terbalik.
  2. Judul Hendaknya cukup agresif, menunjukkan dengan jelas masalah yang hendak diteliti dan tidak membuka peluang untuk penafsiran yang bermacam-macam.
  3. Nama Mahasiswa, diketik dengan huruf besar.
  4. Nomor Pokok Mahasiswa (Nomor Stambuk) ditulis dengan jelas, tanpa spasi pemisah.
  5. Fakultas dan Jurusan serta nama Universitas Al Asyariah Mandar dicantumkan di atas keterangan Jurusan dalam tampilan monochrome (hitam putih, bukan grey scale), dengan ukuran tinggi 35 mm dan lebar proporsional. Logo beserta keterangan Fakultas dan Jurusan, serta nama Universitas Al Asyariah Mandar merupakan  satu bagian yang tidak terpisahkan.
  6. Tahun Penulisan dicantumkan di bagian paling bawah halaman judul.
C. Isi Skripsi/Tugas Akhir
  1. Penulisan Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  2.  Penulisan Istilah Asing, sedapat mungkin menggunakan kata-kata yang telah diserap ke dalam Bahasa Indonesia. Bila tidak terdapat kata serapan atau padanannya dalam bahasa Indonesia, atau untuk menghindari perubahan makna untuk sejumlah istilah teknis, dapat tetap menggunakan dan ditulis italic (miring)
  3. Pengetikan naskah proposal dan naskah Skripsi/Tugas Akhir diketik dengan jarak baris 2 dan menggunakan jenis huruf Times New Roman 12pt.

No comments:

Post a Comment